MEMBANGUN DESA DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENUJU MASYARAKAT DESA MELEK IT

Artikel

AYO KITA SUKSESKAN DESA CINTA STATISTIK (DESA CANTIK) 2022

12 September 2022 08:14:57  Admin Desa  3.686 Kali Dibaca  Berita Desa

Salah satu program yang dilaksanakan BPS di tahun 2022 adalah Pembinaan Desa Cantik. Yaitu Desa Cantik, Desa Cinta Statistik. Pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif.

Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Tujuan berikutnya yaitu Standardisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran. Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen agen statistik pada level desa/kelurahan.

Program Desa Cantik ini akan dilaksanakan pada tingkat desa dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya yaitu keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan  serta memiliki Potensi produk unggulan.

Dalam paparannya Bapak Deputi menyampaikan bahwa perlu dukungan dari seluruh pihak dalam mensukseskan program Desa Cantik ini. Tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat. Dengan dukungan dari semua pihak diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia. Kini saatnya desa bersolek dengan data dan potensi yang dimiliki sehingga menjadi Desa Cantik nan mempesona.

Bertempat di Kantor Bupati Gresik, pada Kamis (21/07/2022) Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Ir. ACHMAD WASHIL MIFTAHUL RACHMAN, M.T. dan Satrio Wibowo melaunching dan mencanangkan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Desa Gumeng Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Kegiatan ini dihadiri unsur Forkompimda, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas PMD dan Kepala Desa Gumeng.

Desa cantik adalah sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran. Dan Gumeng Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik terpilih menjadi salah satu desa dari 100 desa di Indonesia yang dicanangkan sebagai Desa Cantik.

Saat ini desa bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan sudah menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan pembangunan di desa, dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat.

Oleh karena itu, merujuk pada Perpres Nomor 59 Tahun 2017 maka disusunlah SDGS Desa. Desa Cantik merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan traget SDGS Desa nomor 17, yakni membangun kemitraan desa dengan BPS melalui penyediaan data-data yang diperlukan di tingkat desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Ir. ACHMAD WASHIL MIFTAHUL RACHMAN, M.T. berharap bahwa program desa cantik ini nantinya tidak hanya untuk Desa Gumeng saja namun juga dapat diterapkan pada desa-desa lain di seluruh wilayah Kabupaten Gresik, sehingga semua desa nantinya menjadi desa yang cinta dan sadar akan pentingnya statistik bagi pembangunan desanya.

"Untuk itu perlu kerjasama dan koordinasi yang baik dan berkelanjutan antara Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Kominfo, Bappeda, BPS serta instansi terkait lainnya dalam melakukan pembinaan pengembangan program ini di seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Gresik,"

Download Lampiran:
AYO KITA SUKSESKAN DESA CINTA STATISTIK (DESA CANTIK) 2022

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Desa Gumeng RT. 01 RW. 01
Desa : Gumeng
Kecamatan : Bungah
Kabupaten : Gresik
Kodepos : 61152
Telepon : 085806455250
Email : gumengdesa@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:106
    Kemarin:211
    Total Pengunjung:53.966
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.143.235.26
    Browser:Mozilla 5.0